ARTICLES — June 13, 2022

Using IoT Fleet Management System in Indonesia

Telkomsel IoT Fleet Management

Perusahaan logistik adalah salah satu industri yang bertumbuh di masa pandemi. Sepanjang tahun 2021, bisnis logistik di sektor farmasi bertumbuh 15% dibandingkan dengan tahun lalu mengingat banyaknya keperluan pengiriman alat kesehatan serta 5% di sektor consumer goods.

 

Agar pertumbuhan ini terus melejit, penting bagi para pelaku industri untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas armadanya, tidak hanya menambah jumlah kendaraan yang ada. Salah satu caranya adalah dengan mengelola armada menggunakan teknologi IoT.

 

Penggunaan IoT di Indonesia

Teknologi IoT atau Internet of Things tentu sudah sering digunakan di berbagai industri di Indonesia. Menurut Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIoTI), Teguh Prasetya, jika dibandingkan secara global tingkat adopsi IoT di Indonesia mencapai 28,6% dan peningkatan adopsinya selalu bertambah 10% setiap tahunnya.

(Infografis 1: Tingkat Adopsi Industri 4.0 di Indonesia tahun 2019 // 79% proyek awal, 21% peningkatan skala)

 

Tingkat Adopsi Industri 4.0

Salah satu alasannya, IoT memberikan data real-time sebagai bentuk visibilitas jarak jauh yang dibutuhkan banyak perusahaan kala social distancing di mana jumlah karyawan di lokasi harus dikurangi. 

 

Pandemi juga berdampak ke peningkatan transaksi e-commerce sebanyak 63,4% menjadi Rp186,7 triliun di semester pertama tahun 2021 dan sesuai catatan Bank Indonesia, terus tumbuh menjadi Rp401 triliun di akhir 2021.

 

Loncatan penggunaan e-commerce ini menyulut ledakan permintaan ke perusahaan jasa pengiriman barang, warehousing, dan lainnya. Alhasil, perusahaan-perusahaan logistik mulai melakukan transformasi digital guna meningkatkan efisiensi kerja. 

 

Dimulai dari penggunaan cloud untuk penyimpanan data, implementasi GPS untuk pelacakan kendaraan, dan akhirnya menggabungkan semua aset usaha ke dalam sebuah platform manajemen armada yang biasa disebut Fleet Management.

 

Namun, apakah Fleet Management cocok untuk digunakan di Indonesia yang infrastruktur teknologinya belum merata? Baca terus…

 

Apa itu IoT Fleet Management System

 

IoT Fleet Management System adalah solusi IoT yang digunakan untuk mengelola penggunaan armada di sebuah perusahaan secara keseluruhan dengan tepat dan aman.

 

Solusi ini dapat memantau seluruh operasi armada dari hulu ke hilir dalam sebuah platform yang komprehensif. Dimulai dari pendataan barang yang harus dikirim, lokasi gudang dan alamat tujuan pengiriman, jumlah kendaraan yang beroperasi serta pengemudi yang tersedia. Kondisi dan keamanan barang serta kendaraan juga dapat dipantau di mana pun, kapan pun.

 

(Infografis 2: Kelola seluruh armada di sepanjang rantai pasok dengan IoT // Bahan baku -> Vendor/Sub Kontraktor → Manufaktur → Pusat Distribusi → Retailer, Pasar, Ecommerce → Pelanggan)

 

Apa itu Fleet Management System

 

Ketika semua data ini digabungkan dan dianalisis dengan sistem AI dan Machine Learning, sistem dapat menentukan jadwal pengiriman terefektif dengan armada yang ada. Pendataan yang otomatis ini dapat mengurangi pemalsuan informasi dan penipuan.

 

Pengoperasian IoT Fleet Management System dalam network yang terenkripsi berarti data akan terjaga dari koneksi yang tidak aman dan akses dalam perusahaan pun dapat diatur.

 

Dari data historis yang terkumpul pada sistem ini, perusahaan dapat menentukan langkah strategis untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

 

Alasan IoT Fleet Management System penting digunakan di Indonesia

(Gambar jenis2 armada digunakan di Indonesia)

 

IoT Fleet Management - Armada di Indonesia

 

Seperti yang kita ketahui, Indonesia sebagai negara kepulauan dengan berbagai lokasi terpencil memiliki tantangan khusus di sisi logistik. 

 

Pertama, pengiriman barang dari satu pulau ke pulau lain memerlukan berbagai moda transportasi; pesawat, kapal, truk, motor, dan lainnya. Perjalanan jadi panjang, dibutuhkan lebih banyak perhentian serta perpindahan barang ke moda transportasi lain.

 

Kedua, infrastruktur jalan tidak merata sehingga memerlukan pengemudi yang mengenal medan dengan baik.

 

Ketiga, infrastruktur komunikasi yang tidak merata membuat monitoring armada, pengemudi dan barang kiriman menjadi lebih sulit.

 

Hal-hal ini membuat biaya pengiriman menjadi lebih tinggi, jadwal pengiriman tidak pasti, serta adanya risiko keamanan dan keselamatan yang juga tinggi.

 

Dibutuhkan sebuah solusi yang dapat menggabungkan pengelolaan operasi dan maintenance armada yang beragam tanpa terhambat secara geografis. Sebuah solusi yang bisa menjaga keamanan barang, keselamatan pengemudi dan kendaraan.

 

Penggunaan solusi IoT Fleet Management yang terkoneksi ke sinyal seluler Telkomsel yang kuat di seluruh Indonesia adalah jawabannya. Selain dapat meningkatkan visibilitas armada, IoT Fleet Management dapat mempermudah pengelolaan jadwal berbagai jenis transportasi, menjaga kualitas operasi dari awal hingga akhir, termasuk jadwal maintenance kendaraan.

 

Cara kerja IoT Fleet Management System

 

IoT Fleet Management dari Telkomsel bekerja dengan menggabungkan data operasional dari seluruh bagian perusahaan ke dalam satu platform cerdas. Dari bagian armada, order processing, gudang, sampai maintenance dan bisnis. Sehingga, seluruh stakeholders dapat mengetahui status operasional secara real-time.

 

Pertama, armada yang memiliki perangkat telematik dengan GPS akan dipantau satelit global positioning. Data perjalanan kendaraan, kondisi mobil, serta kondisi pengemudi akan dikirim via konektivitas kuat Telkomsel (2G/4G/NB-IoT Smart Connectivity) ke server. Dari server ini data akan diolah dan dikirim lewat koneksi internet yang terenkripsi dan aman ke web dashboard anda untuk pengelolaan dan monitoring jadwal, mobile apps untuk pekerja di lapangan, dan ke sistem milik pelanggan anda via API untuk informasi pelacakan real-time.

 

(infografis 3: satelit global positioning, kendaraan dengan unit telematika, unit telematika dengan high-sensitivity GPS, pengemudi, Telkomsel 2G/4G/NB-IoT Smart Connectivity, Server FleetSight, koneksi internet, pengelolaan order & monitoring via TOMS Web Dashboard, TOMS Mobile app, kirim data ke sistem pelanggan via API )

Smart Connectivity Fleet Management

 

Selain kondisi perjalanan, driver, dan kendaraan, IoT Fleet Management juga dapat melacak kondisi barang bawaan seperti temperatur, getaran, kelembaban, berat dan space yang tersisa di truk. Sehingga monitoring operasional menyeluruh dan efisiensinya terjamin.

 

Banyak solusi dalam IoT Fleet Management System

 

Gabungan solusi armada dalam IoT Fleet Management memberikan monitoring penuh terhadap seluruh operasi armada dan mengoptimasi kinerja setiap kendaraan.

 

Berikut beberapa fitur unggulan dari solusi-solusi yang ada. Anda bisa memilih yang anda butuhkan atau gunakan semuanya untuk monitoring yang menyeluruh.

 

    • FleetSight

Solusi manajemen armada ini memberi visibilitas terhadap perjalanan dan produktivitas kendaraan di mana pun, kapan pun. Analitik FleetSight dapat memberi insight terhadap operasi kendaraan seperti konsumsi bahan bakar, efisiensi perjalanan, jangka waktu parkir, dan kesehatan mesin.

    • FleetSense

Solusi keamanan armada ini dapat meningkatkan keselamatan berkendara, apa pun moda transportasinya. Teknologi seperti Advanced Driving Assistance System dengan fitur Front Collision Warning dan Pedestrian Detection, serta Driver Status Monitoring, dapat memonitor kondisi sekitar kendaraan dan kondisi pengemudi via video computer vision yang dianalisis oleh AI secara real-time. Kebiasaan mengemudi yang baik dapat dipantau seperti tidak merokok saat berkendara, tidak menggunakan ponsel, atau mengenakan sea tbelt sesuai aturan.

 

(infografis 4: tingkat visibilitas, package, order, pengemudi, kendaraan, solusi)

Telkomsel IoT Control Tower

 

    • TOMS

Solusi manajemen pemesanan ini berguna untuk mengalokasikan armada, memonitor status pengiriman, serta menjaga jadwal pengiriman. Pengelolaan jadwal juga dipermudah karena anda dapat membuat regulasi sesuai kebutuhan perusahaan dan mengotomasi pelaksanaannya dengan teknologi AI.

    • Asset Performance Management (APM) 

Monitor kualitas kondisi aset dengan tepat dan mendalam menggunakan solusi ini. Anda dapat memastikan status barang, temperatur, kelembaban, lokasi, serta jumlah ruang di sekitar aset. APM dilengkapi dengan sistem pelaporan, alert, dan penarikan data insight yang otomatis, sehingga operasi bisnis selalu aman, minim risiko dan efisien.

    • Control Tower 

Solusi manajemen untuk supply chain dan logistik ini adalah platform yang menghubungkan semua solusi IoT yang ada. Dilengkapi dengan teknologi analitik dan AI, Control Tower akan meningkatkan akurasi pengiriman barang, mengoptimasi rute perjalanan, dan membuat jadwal yang tepat antara gudang, kurir, dan pelanggan. Control Tower adalah sistem komunikasi yang efisien antar vendor dari berbagai perusahaan karena datanya dapat diakses lewat API.

Penerapan IoT Fleet Management System

Fleet management bisa diterapkan ke berbagai sektor industri yang menggunakan armada.

 

(gambar: Berbagai Industri Dapat Menggunakan IoT Fleet Management System)

Industri IoT Fleet Management System

 

Supply Chain

Kelola armada untuk pengambilan dan pengiriman barang di sepanjang supply chain dengan menggabungkan monitoring kapal, truk, mobil, bahkan motor. Anda dapat mengatur jadwal kedatangan kapal yang langsung tersambung ke jadwal pick-up truk, sehingga lokasi pengambilan barang tepat dan tanpa banyak waktu menunggu. 

 

Jika truk dilengkapi dengan solusi APM, anda bisa mengetahui barang-barang yang masuk beserta kondisinya dan jumlah space yang masih ada pada truk. Sehingga anda dapat memaksimalkan muatan yang ada sebelum pengiriman ke gudang.

 

Fleet Management juga dapat menyambungkan lini komunikasi antara truk, gudang, serta customer. Sehingga pengatur gudang bisa mengetahui kapan truk akan datang dan customer pun tahu status barang-barangnya secara real-time.

 

Pengaturan seperti ini dapat berlanjut terus hingga barang sampai ke titik akhir atau ke end customer.

 

Pertambangan

Fleet Management dapat membantu pengelolaan truk tambang dan alat berat seperti excavator, dump truck, bulldozer, dan lainnya agar produktivitas serta efisiensinya selalu terjaga.

 

Operator alat dapat dijadwal secara otomatis berikut data historis pekerjaan mereka. Selama bekerja, keamanan mereka dapat dijaga dengan live monitoring via kamera computer vision. Fitur ini dapat memantau kebiasaan mengemudi dan tingkat kewaspadaan operator sehingga risiko kecelakaan dapat diminimalisir.

 

Rute perjalanan dapat dijaga dengan fitur geofencing yang menandakan area yang bisa dilalui. Laju kendaraan, waktu berhenti, sampai durasi kerja dapat dilacak. 

 

Lalu data aktivitas armada akan disimpan dalam bentuk laporan otomatis yang insight-nya dapat digunakan untuk membangun strategi peningkatan efisiensi operasional.

 

Transportasi Umum

Bus kota, taksi, atau kereta api dapat dikelola secara mendalam menggunakan Fleet Management. Pengaturan jadwal serta pengemudi dapat dilakukan secara otomatis. Kinerja pengemudi pun dapat dipantau menggunakan fitur Driver Status Monitoring dari FleetSense.


Fitur Advanced Driving Assistance System bisa memberi visibilitas 360O pada pengemudi agar keamanan selalu terjaga. Contohnya, Front Collision Warning yang memberi alert jika ada penghalang di jalur depan, Pedestrian Detection yang memastikan tidak ada orang disekitar jalur kendaraan, dan Lane Departure Warning yang memberi alert jika kendaraan keluar dari jalur.

 

Untuk pelayanan yang maksimal, kamera computer vision dapat memberi alert jika ada barang yang tertinggal, merekam serta memanggil petugas keamanan jika ada tindakan yang tidak diinginkan. Laporan harian pun dapat diakses dari jarak jauh dengan sistem yang terenkripsi agar selalu aman.

 

Retail

Saat inventori toko dan gudang terkoneksi secara real-time dengan sistem pengelolaan armada, anda dapat menjadwalkan pengambilan dan pengiriman barang dengan mudah.

 

Pekerja gudang dan penjaga toko akan mendapat notifikasi akan waktu pengambilan atau pengiriman barang. Informasi lokasi kendaraan real-time dan nama pengemudi yang melakukan delivery akan menjaga ketepatan delivery.

 

Perubahan pada inventori akan segera terupdate di sistem perusahaan serta website retail yang dapat diakses langsung oleh customer. Tidak perlu ada lagi input manual yang menghabiskan waktu. 

 

Jasa Pengiriman Barang

Order management yang pintar dari Fleet Management memungkinkan dispatch manager untuk

menjadwalkan pengiriman sesuai kebutuhan atau urgensi.

 

Logistic Engine akan memberi rute terbaik berdasarkan waktu dan jarak, mengoptimalkan kapasitas pengiriman, dan memasukkan waktu sorting barang, waktu berjalan, mengemudi, dan menunggu ke dalam jadwal pengiriman.

 

Lalu, Geo Engine akan mengecek akurasi alamat sebelum pengiriman dijadwalkan. Fitur ini dapat mengurangi waktu yang terbuang karena pencarian alamat secara manual dan gagal mengirim.

 

Banyaknya variabel yang dapat diproses oleh masing-masing engine memungkinkan perusahaan untuk membuat model perhitungan yang mendetail terhadap biaya, waktu, penggunaan armada, jenis transportasi, jarak, dan kapasitas. Sehingga profitabilitas usaha bisa ditingkatkan secara strategis dan pengiriman barang selalu berhasil dilakukan secara OTIF on time, in full.

 

Alasan Kenapa Bisnis Anda Wajib Menerapkan IoT Fleet Management System

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dari penerapan sistem ini. 

 

(Infografis: Keuntungan Menerapkan IoT Fleet Management System Visibilitas maksimal, Peningkatan efisiensi operasional, Profitabilitas terbaik, Penjagaan keamanan dan keselamatan, Ketepatan dan keamanan data)

Keuntungan Menerapkan IoT Fleet Management System

 

    • Visibilitas maksimal

Anda dapat mempermudah pengelolaan armada secara jarak jauh lewat data pemantauan yang mendalam terhadap kendaraan, supir, dan muatan yang ada. Data real time dapat membantu anda menghadapi kejadian yang tidak terencana sehingga armada lebih fleksibel dan jadwal tetap terpenuhi.

 

    • Peningkatan efisiensi operasional

Fleet Management dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa di otomasi. Sehingga, dispatch manager tidak perlu melakukan aksi yang sama berulang-ulang. Pengemudi pun tidak perlu menghubungi sana-sini untuk memastikan jadwal pengiriman. Semua tertulis di perangkat mobile dan terupdate dengan otomatis.

 

Data historis yang terlihat dalam bentuk infografis bisa dimengerti dengan mudah dan digunakan untuk mengoptimalkan operasi armada secara keseluruhan.

 

    • Profitabilitas terbaik

Agar operasi selalu efisien, pengiriman barang dapat dilakukan sesuai urgensi order dalam rute tercepat menggunakan kendaraan terdekat. Muatan pun dapat dioptimalkan agar setiap perjalanan produktif dan memberi profitabilitas terbaik.

 

Anda juga bisa menggunakan data untuk melihat bagian armada yang operasinya kurang menguntungkan lalu mencari penyebab dan solusinya. Troubleshooting seperti ini akan memaksimalkan seluruh bagian perusahaan anda.

 

    • Penjagaan keselamatan dan keamanan

Keselamatan pengemudi dan penumpang dapat dipastikan dengan mudah karena adanya kamera computer vision dengan alert otomatis sesuai regulasi yang dibutuhkan. Kesehatan kendaraan pun dapat dijaga dengan monitoring penggunaan BBM dan penjadwalan maintenance otomatis.

 

    • Ketepatan & keamanan data

Risiko kesalahan input data akan berkurang karena tidak dilakukan secara manual melainkan otomatis oleh sensor yang ada. Reportingnya pun otomatis sehingga risiko pemalsuan data berkurang dan laporan terbaru bisa selalu diakses, bahkan secara jarak jauh. Hal ini akan mempermudah pekerjaan sehari-hari anda.

 

 

Selain itu, data perusahaan lebih terjaga karena file sudah tidak disimpan secara fisik. Semua data terenkripsi dan disimpan on-premise di Indonesia agar keamanan terjamin dan akses lebih cepat. Database log-in yang centralized juga akan membantu dalam memberi izin ke akun-akun tertentu untuk mengakses data sesuai posisi di perusahaan.

Kesimpulan

(gambar: IoT fleet management)

 

Transformation Digital IoT Fleet

 

Indonesia sedang berada di momen transformasi digital yang cukup seru. Banyak perusahaan berlomba-lomba menggunakan teknologi IoT untuk mengoptimalkan bisnis yang ada dan menambah efisiensi operasional. Salah satunya adalah solusi pengelolaan armada; IoT Fleet Management.

 

IoT Fleet Management cocok digunakan di Indonesia karena menggunakan konektivitas kuat Telkomsel; 2G, 4G, 5G, dan NB-IoT Smart Connectivity. Sehingga, seluas apapun jangkauan bisnis anda, komunikasi dengan armada tidak akan terputus dan produktivitasnya selalu dapat dipantau.

 

Berbagai sektor industri dengan beragam jenis kendaraan dapat menggunakan IoT Fleet management karena kekuatan platform Control Tower dan kelengkapan solusi monitoring untuk seluruh bagian operasi anda. Otomasi bisa dilakukan sesuai kebutuhan pelanggan dan ketentuan perusahaan.

 

IoT Fleet Management terdiri dari beragam solusi armada yang dapat diadopsi satu per satu atau sekaligus. Solusi-solusi seperti FleetSight, FleetSense, TOMS, dan APM, semuanya akan dioperasikan dalam platform Control Tower sebagai hub seluruh perusahaan. Data dari Control Tower pun dapat diakses cross platform oleh vendor di luar perusahaan untuk mempermudah komunikasi.

 

Implementasi fleet management dapat meningkatkan efisiensi operasional dengan growth rate yang terdata. Gunakan insight yang ada untuk pengaturan strategi bisnis yang kuat dan pengambilan keputusan yang tepat. Hasilnya, bisnis anda akan lebih mudah unggul di market.

 

Akhir kata, gunakanlah momentum transformasi digital nasional ini dan implementasikan IoT Fleet Management guna mengambil kesempatan menjadi pemimpin di era digital 4.0.

 

Hubungi IoT Expert kami untuk berdiskusi tentang kebutuhan perusahaan armada anda.

 

NEWS — Jun 01, 2022
The Utility of IoT Analytics To Gain Business Insights

Since IoT analytics will be as big as the main revenue generato

READ MORE >>
NEWS — Jul 04, 2019
How IoT Can Revolutionize Traffic Management in Jakarta

It is known that one of the main problems Jakarta has is its ch

READ MORE >>
NEWS — Apr 07, 2020
Maintaining Effective Medical Supply Chain Monitoring During Pandemic with IoT

With the pandemic spreading fast in Indonesia, our healthcare p

READ MORE >>
NEWS — Jan 17, 2019
Five IoT Trends in 2019

Throughout 2018 we’ve seen IoT growing exponentially in all s

READ MORE >>
NEWS — May 18, 2020
IoT and Its Role for eCommerce During Ramadan’s High-Demand Period

Due to high demands in the holy month Ramadan, eCommerce busine

READ MORE >>
NEWS — Jan 19, 2022
Creating an Efficient Omnichannel Logistics Chain

Omnichannel logistics rely on data visibility to make their ope

READ MORE >>
Internet of Things
NEWS — Jul 29, 2020
Internet of Things: Definisi, Sejarah, Manfaat & Penerapan

Pandemi mempercepat rate adopsi solusi digital di banyak perusa

READ MORE >>
NEWS — Oct 03, 2019
Exploring New Opportunities Through IoT-Driven Business Pivot

The technology of IoT means beyond establishing connections bet

READ MORE >>